Makanan Sehat Untuk Anak Balita

Makanan sehat untuk anak balita dalam proses pertumbuhan memang sangat dibutuhkan sekali, karena berguna untuk mendukung tumbuh kembangnya. Terutama pada balita yang masih berusia 6 bulan dimana pertama kalinya ia membutuhkan asupan makanan sehat pendaping ASI (Air Susu Ibu). Untuk memilih makanan sehat untuk anak balita sebenarnya tidak perlu pusing, karena sekarang ini sudah banyak tersedia di supermarket ataupun toko disekitar Anda. Namun makanan sehat untuk bayi yang sudah tersedia dalam kemasan seperti itu harganya relatif lebih mahal. Maka dari itu lebih baik untuk membuat sendiri makanan sehat untuk anak Anda di rumah.


Berikut ini akan kami jelasakan mengenai beberapa makanan sehat untuk anak balita yang sudah mengandung banyak nutisi, serat, dan tentunya sangat terjangkau, gampang proses pembuatannya.

Inilah Makanan Sehat untuk Anak Balita

Sebelum kita membahas mengenai makanan sehat untuk anak balita, kita perhatikan dulu masalah yang sering terjadi sekarang ini. Dimana terdapat beberapa orang tua yang cenderung kesulitan menyedikan makanan pada bayi, jika kondisi tersebut sering dilakukan makan akan membuat anak menjadi mogok makan. Menurut dokter spesialis gizi dari FKUI, Dr. Luciana B Sutanto, MS. SpGK sangat menyarankan untuk menyediakan hidangan sepinggan, yaitu cukup dengan satu hidangan namun telah banyak mengandung gizi di dalamnya. Seperti contohnya makanan sehat untuk anak berikut ini !

  • Bubur Susu

Makanan anak balita memang sangat identik dengan bubur, maka oleh karena itu makana n sehat untuk anak yang pertama adalah bubur susu. Bubur susu adalah salah satu makanan sehat untuk anak balita yang mulai usia 6 bulan. Adapun cara untuk membuatnya yaitu cukup dengan menyedikan tepung beras 1 sendok makan dan susu sebanyak 200ml. Kemudian larutkan tepung beras dengan menggunakan susu. Setelah itu masak hingga mendidih hingga larutan benar-benar tercampur merata.

  • Bubur Susu Kentang

Makanan sehat untuk anak selanjutnya adalah bubur susu kentang, nah jika yang pertama menggunakan tepung beras sekarang ini gantian menggunakan kentang. Variasi pada makanan baik memang sangat disarankan hal ini dilakukan sepaya anak tidak merasa bosan. Caranya hampir sama dengan yang di atas namun hanya saja tepung berasnya yang diganti menggunakan bahan kentang.

  • Bubur Sayur

Makanakan sehat untuk anak yang terakhir adalah bubur sayur. Sayuran memang sangat bagus dalam menunjang proses pertumbuhan anak. Hal ini dikarenakan sayuran memiliki kandungan tinggi zat besi dan asam folat. Cara untuk mensajikan bubur sayur adalah haluskan semua sayuran yang akan di jadikan bubur dengan blender. Setelah itu campurkan susu ke dalamnya dan masak hingga matang .

Makanan Sehat Untuk Anak Balita